MENGENAL BATIK TULIS

posted in: Company Profil | 0

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh dunia internasional. Buktinya adalah fakta bahwa batik telah diresmikan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi oleh UNESCO.

Kain Indonesia ini sejatinya terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah batik tulis. Dikutip dari Kemenperin, batik tulis dibuat ditulis langsung dengan cairan malam dan alat yang bernama canting. Batik tulis merupakan jenis batik yang paling mahal mengingat proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama. Mulai dari berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.Selain lama, proses pembuatan batik tulis juga terkenal rumit. Sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketelitian tinggi saat mengerjakannya.

Batik Tulis dibedakan menjadi 2 jenis:

1. Batik Tulis Malam

Batik tulis malam adalah teknik batik tulis dengan menorehkan cairan malam melalui canting tulis. Cairan malam tetap terjaga kondisi suhunya sekitar 70 derajat celcius. Canting tulis mengambil cairan malam melalui nyamplung. Kemudian cucuk canting harus berlubang, sehingga perlu ditiup agar membran cairan terbuka. Setelah itu cairan malam baru dioleskan sesuai motif yang telah digambar di kain mori dengan pensil. Langkah selanjutnya adalah proses pewarnaan

2. Batik Tulis Colet (Warna)

Batik tulis colet adalah teknik batik tulis dengan menorehkan warna melalui canting tulis langsung ke kain mori, sehingga isi dari nyamplung canting adalah warna yang dikehendaki. Proses pembuatan batik tulis colet ini mirip seperti menggambar di kanvas. Jadi hasilnya sangat ditentukan dari kreatifitas dan keuletan goresan tangan dari pembatik. Semakin kecil dan detil barisan titik-titik yang bisa dibuat oleh pembatik, maka akan semakin tinggi tingkat kesulitan dan nilai dari batik tersebut.

Ciri-ciri batik tulis:

– Kain batik tulis berbau lilin batik
– Warna batik tulis kedua sisi bolak-balik lebih rata (tembus bolak-balik) khusus bagi batik tulis yang halus.
– Desain motif batik seperti garis dan titiknya tidak berulang sama persis dalam suatu desain maupun desain ulangnya.
– Bahan batik dari kain katun, atau kain sutra.


Nah, demikian ulasan singkat mengenai batik tulis. Bagi Anda yang tertarik ingin mendapatkan sebuah kain batik tulis yang eksklusif dan murah, Anda bisa melirik kain batik tulis Batik Pesisir. Untuk pemesanan silakan hubungi kontak kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *