Makna Di Balik Batik Motif Wayang

posted in: Company Profil | 0

Sudahkan anda tau makna dibalik batik motif wayang?

Di Indonesia bahkan di dunia Internasional batik telah memiliki tempat dihati masyarakat. Sejarah batik merupakan budaya yang lahir dari keajaiban-keajaiban kuno di Jawa dan berkembang pesat di daerah tersebut hingga sekarang.  Salah satu jenis motif batik yang digemari rakyat Jawa adalah motif Batik Wayang. Dalam bahasa Jawa, kata wayang berarti “bayangan”. Jika ditinjau dari arti filsafatnya, “wayang” dapat diartikan sebagai bayangan atau sifat-sifat yang ada dari dalam jiwa manusia.

Pada tanggal 1 September 2016, Presiden republik Indonesia, yaitu bapak Joko Widodo menggunakan motif batik wayang pada saat menerima kunjungan kehormatan dari Ratu Belanda Queen Maxima Zorregueita Cerruti selaku Penasihat Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) guna membicarakan pembiayaan inklusif untuk pembangunan di Indonesia. Dalam perbincangan pada hari itu, mereka membahas beberapa hal terkait kerjasama dengan negara Indonesia. Jokowi berharap petani dan nelayan dapat dengan mudah memiliki akses terhadap layanan perbankan.

Bapak Joko Widodo terlihat berwibawa dengan batik wayang yang digunakannya. Jenis motif batik ini memiliki filosofi yang memang tepat digunakan pada saat itu. Karena, batik tersebut memiliki cerita  Pandawa bertemu dengan Kurawa di kerajaan Hastinapura. Pandawa berselisih dengan Kurawa, lalu mengadakan pertemuan di kerajaan Hastinapura dengan tujuan untuk melakukan perdamaian daripada perang. Yang artinya Belanda dulu pernah menjajah dan berselisih dengan Indonesia. Lalu pada tanggal 1 September 2016, Ratu Belanda Queen Maxima datang ke Indonesia guna membahas beberapa hal terkait kerjasama dengan negara Indonesia. Indonesia bisa diibaratkan sebagai Hastina.

Itulah makna batik motif wayang, untuk makna motif batik lainnya akan kita post di postingan lainnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *