2 ALAT UTAMA BATIK TULIS

Dalam pembuatan batik ada 2 alat batik tulis yang paling familiar dan sangat erat kaitannya dengan batik tulis, yaitu canting dan malam.

Batik, canting dan “malam” sudah seperti malam, bulan dan bintang, maksudnya malam gak bakal indah tanpa bulan dan bintang, begitu pula dengan batik, batik gak bakal indah dan berseni tanpa canting dan “malam”, kenapa? karena tanpa canting dan malam batik itu bukanlah batik tulis

Nah kali ini kami akan membagikan informasi mengenai 2 senjata batik tulis, walaupun untuk membuat batik tulis memerlukan lebih dari sekedar canting dan malam ya.

Canting batik 

Canting adalah alat utama yang digunakan untuk melukis motif batik dengan cairan lilin panas atau yang biasa disebut malam. Canting terbuat dari tembaga dan kayu / bambu sebagai gagangnya. Canting sendiri ada berbagai macam dan memiliki fungsi yang berbeda, di artikel selanjutnya mungkin akan kita bahas jenis-jenis canting ya.

Malam atau Cairan Lilin

Malam adalah cairan lilin batik berfungsi sebagai penahan warna pada batik sehingga bisa memunculkan pola. Sama dengan canting, malam juga ada beberapa jenis berbeda diantaranya malam klowong, malam tembok dan malam bironi. Malam klowong digunakan untuk nglowongi atau pelekatan pertama pada motif yang sudah dibuat (mempertegas pola). Malam tembok digunakan untuk nemboki/ngeblok/mengisi bidang yang luas pada sebuah pola. Sedangkan malam bironi digunakan untuk menutupi warna biru serta isen-isen.

Nah itulah 2 alat utama batik tulis yang dapat kami informasikan kepada anda, untuk alat dan bahan lainnya yang berkaitan dengan batik tulis bakal kita informasikan di artikel berikutnya ya.

sumber artikel : http://www.jnjbatik.com/blog/2-senjata-legendaris-batik-tulis/